MEMPERTAJAM OTAK LEBIH CERDAS DENGAN BELAJAR BAHASA ASING

Ternyata menguasai dua bahasa atau bahkan lebih tak hanya akan mempermudah seseorang untuk berkomunikasi, tapi juga berdampak positif bagi kesehatan otak. Sebuah penelitian akhir-akhir ini mengungkap bahwa belajar dua atau lebih bahasa asing diluar bahasa ibu mampu melindungi otak dari penuaan dini. Dan ternyata, otak juga menjadi lebih cerdas dengan belajar bahasa Inggris.



MEMPERTAJAM-OTAK-LEBIH-CERDAS-DENGAN-BELAJAR-BAHASA-ASING



Bagaimana Mempertajam Otak Biar Lebih Cerdas

Sebuah penelitian dilakukan kepada 835 orang Skotlandia yang sebelumnya telah menguasai bahasa Inggris. Partisipan yang lahir pada tahun 1936 diberikan tes kesehatan dan kemampuan mental pada usia 11 tahun dan 70 tahun. Ketika menginjak dewasa, sekitar 262 partisipan menguasai setidaknya dua bahasa asing, 195 di antaranya mempelajari bahasa asing sebelum usia 18 tahun.

Hasilnya menunjukkan bahwa partisipan yang menguasai dua bahasa asing atau lebih memiliki nilai lebih baik di tes kemampuan dan kesehatan mental. Efek positif dari menguasai bahasa asing ini sama pada partisipan yang belajar sebelum usia 18 tahun maupun yang sudah berusia 18 tahun.

"Penelitian yang telah kami lakukan menunjukkan bahwa menguasai bahasa asing, bahkan jika Anda mulai belajar di usia dewasa, akan bermanfaat bagi otak," ungkap ketua peneliti Dr Thomas Bak dari University of Edinburgh, seperti dilansir oleh Healthy Living (02/06).

Meski penelitian ini menunjukkan kaitan antara belajar bahasa asing dengan ketajaman otak di usia tua, namun peneliti menganggap ini hanya penelitian awal yang menunjukkan efek dari belajar bahasa pada penuaan otak.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MEMPERTAJAM OTAK LEBIH CERDAS DENGAN BELAJAR BAHASA ASING"

Post a Comment